Tuesday, January 26, 2010

Energy Management System untuk Apa?

Energy Management System ISO 50001 sangat penting untuk diterapkan pada perusahaan yg menggunakan energy dalam operasionalnya. Apa alasannya? Alasannya minimal untuk tiga hal berikut:

Energy Management System (System Manajemen Energy) untuk kepentingan bisnis atau peningkatan kinerja perusahaan.

Tentu saja tidak ada perusahaan yg tidak menghendaki peningkatan kinerja atau profit perusahaan. Hal itu bisa dicapai melalui peningkatan efisiensi penggunaan energy dari waktu ke waktu. Alasannya adalah karena biaya energy, khususnya perusahaan manufaktur, proporsinya cukup besar. Ada yg mencapai 20% dari total Manufacturing Cost.

Peningkatan efisiensi konsumsi energy perusahaan biasanya dicapai melalui program konservasi energy. program konservasi energy ini akan efektif jika menjadi bagian dari implementasi Energy Management System ISO 5001 atau System Manajemen Energy.

Energy Management System juga perlu diimplementasikan untuk memenuhi ketentuan hukum, khususnya di Indonesia. Hal ini terkait dengan UU No 30 th 2007 tentang energy dan Peraturan Pemerintah atau PP No 70 th 2009 tentang Konservasi Energy. Saat artikel ini saya tulis, PP No 70 th 2009 tentang Konservasi Energy ini masih berupa rancangan.

Menurut PP No 70 th 2009 tentang Konservasi Energy, perusahaan yg mengkonsumsi energy setara 6.000 ton minyak per tahun harus menerapkan System Manajemen Energy dan melakukan konservasi energy. Apa konsekuensinya jika tidak melakukan Konservasi Energy? Apa pula insentifnya jika berhasil melakukan Konservasi Energy? Silakan baca di link berikut: (in progress).

Sedangkan menurut UU No 30 th 2007 tentang Energy pasal 25, yakni mengenai Konservasi Energy, di antaranya menyatakan bahwa pengguna energy dan produsen peralatan hemat energy yg melaksanakan Konservasi Energy diberi kemudahan dan atau insentif oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

Sebaliknya, pengguna energy dan produsen peralatan hemat energy yg tidak melaksanakan Konservasi Energy diberi disinsentif oleh pemerintah atau pemerintah daerah.

System Manajemen Energy atau Energy Management System ISO 50001 perlu diimplementasikan, selain karena kedua alasan tsb di atas, juga sebagai wujud komitmen perusahaan terhadap kelestarian lingkungan. Ini dikarenakan setiap penggunaan energy, khususnya energy fosil, akan berdampak pada pemanasan global.

Dengan implementasi System Manajemen Energy ISO 50001 atau Energy Management System yg benar atau memadahi akan menjadikan penggunaan energy secara efisien. Dan itu berarti ikut menahan laju pemanasan global.

Anda punya alasan lain terkait alasan implementasi System Manajemen Energy ISO 5001 atau Energy Management System? Silakan kirimkan tanggapan Anda melalui e-mail di :


stanley.sutrisno@ymail.com

atau pada kolom "comment" di bawah artikel ini.



Stanley Sutrisno
www.stanleysutrisno.com

No comments:

Post a Comment

Daftar Isi: